Oleh: Bastanta Permana Meliala

 

Madirsan adalah salah satu pusat pembibitan dan pasar (penjualan) bibit tanaman baik bunga maupun buah di Sumatera Utara. Kawasan yang tepatnya terletak di Gang Madirsan, Desa Bangunsari (Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang) ini cocok untuk dikunjungi bagi Anda penyuka tanaman bunga maupun buah, karena Madirsan merupakan surganya tanaman bunga dan buah di Sumut.

Saat ini Madirsan dikenal secara luas sebagai lokasi wisata bunga. Lebih dari hanya sekedar wisata untuk memandang bunga. Di Madirsan kita tidak hanya akan dipuaskan melihat berbagai jenis bunga, tetapi kita juga dapat membeli bunga dan, bukan hanya bunga, aneka tumbuhan lainnya seperti bibit tumbuhan buah-buahan ramai diperdagangkan di sini.

Dalam perjalanan pulang ke Jambi, Kahe Kolu menyempatkan diri singgah di daerah tersebut. Ini bukan kunjungan yang pertama, karena hampir setiap pulang ke Medan selalu singgah dan ada saja yang dibeli hingga tak jarang kendaraan pun penuh dengan bibit tanaman, jadi harus kirim dengan jasa pengiriman.

Seperti tahun lalu kami membeli setidaknya 35 batang bibit rambutan yang ukurannya sudah ckup besar (setinggi ± 65 cm), 45 bibit duku, 15 batang jambu kristal, dan beberapa aneka tanaman bunga. Memang sering kelupaan dengan kapasitas kendaraan sangkin asiknya melihat bibit tanaman yang menarik hati. Ini seperti sedang di surga tanaman. Kita bisa lupa diri dibuatnya. Dan, itulah yang kami rasakan.

Dalam kunjungan kali ini [sekitar sebulan lalu], kami juga tidak mau pulang dengan tangan kosong. Setidaknya kami sempat memboyong 4 batang bibit durian, 4 jambu madu yang katanya bernama BlackKing, 3 kelengkeng, dan beberapa bunga. Memang kali ini lebih sedikit dari kunjungan-kunjungan sebelumnya, karena waktunya agak keburu.

Satu lagi yang menarik hati saya. Sebenarnya sih karena namanya. Kata si penjual yang kebetulan beru Sembiring dari Kuta Jurung, sebuah bunga yang menjalar mengerumuni sebuah pohon yang katanya bunga itu bernama, “Bunga Semangka Berdaun Sirih”.

Ternyata “semangka berdaun sirih” yang selama ini saya anggap hanya kiasan itu, benar ada bunga yang bernama demikian. Kawasan yang tepatnya terletak di Gang Madirsan (walau dikatakan gang, tetapi bisa lebih 4 km), Desa Bangunsari (Kecamatan Tanjungmerawa, Kabupaten Deliserdang, Sumut) ini memang sudah lama menjadi pusat penjualan bibit tanaman. Jadi, bagi Anda yang senang dengan tanaman atau butuh bibit tanaman khususnya bunga dan buah, tidak ada salahnya mengunjungi Madirsan.

Video kunjungan SiruloTV ke Madirsan. Salah satu pusat pembibitan dan pasar (penjualan) bibit tanaman baik bunga maupun buah di Sumatera Utara.Kawasan yang tepatnya terletak di Gang Madirsan, Desa Bangunsari, Kec. Tanjungmorawa, Kab. Deliserdang ini cocok untuk dikunjungi bagi Anda penyuka tanaman bunga maupun buah, karena Madirsan merupakan surganya tanaman bunga dan buah di Sumut.#wisata #bibit #tanaman #bunga #buah

Posted by Sirulo.TV on Sunday, August 27, 2017