DESA UJUNG SAMPUN BANGUN TANGKI AIR

0
7

B. KURNIA P.P. DOLATRAYAT. Desa Ujung Sampun (Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo) akan membangun kantor dan tangki air untuk mensuplay warga dengan air bersih untuk warga. Kantor dan tangki baru ini dibangun di bekas bangunan yang lama.

Pembangunan kantor dan tangki air diawali dengan pembongkaran bangunan Kantor Kepala Desa lama dan penampungan air lama yang berlokasi di pinggir jalan besar poros tengah Kecamatan Dolat Rayat, persisnya  di simpang jambur Desa Ujung Sampun [Jumat 15/9].

Pembongkaran bangunan lama mempergunakan alat berat beko dengan disaksikan Kepala Desa Ujung Sampun (Nesken Bukit SH), DPD Desa Ujung  Sampun, tokoh masyarakat, dan Camat Dolat Rayat yang diwakili Sekcam (Leonard Girsang SSTP, MSi), dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Dolat Rayat (Syahta Perdamenta Barus SSTP MSi).




Kades Ujung Sampun (Nesken Bukit SH) di sela-sela pelaksanaan pembongkaran bangunan lama kepada wartawan mengatakan, pembongkaran ini dilakukan karena bangunan yang lama sudah tidak berfungsi lagi serta kondisinya sudah rusak parah.

“Selanjutnya di lokasi ini akan dibangun  tower tangki suplay air kebutuhan masyarakat Desa Ujung Sampun. Sedangkan pada bagian bawah bangunan tangki air akan dimanfaatkan sebagai kantor,” ujar Nesken.

Untuk tahun anggaran 2017 Desa Ujung Sampun memperoleh anggaran dengan jumlah pendapatan Desa  Rp 1.154.149.592. Anggaran tersebut dipergunakan untuk penyelenggaraan pembangunan Rp 670.737.892. Termasuk untuk pembangunan tangki air sebesar  Rp 285.477.570 serta untuk biaya–biaya lainnya.

 

 

Menyangkut taksasi pendapatan dan penggunaan atau pengeluaran anggaran tersebut, kata Nesken, pihaknya sangat terbuka kepada masyarakat. Warga dapat melihat informasinya pada baliho yang terpasang di tempat terbuka di Desa Ujung Sampun dengan ukuran 2 x 3 meter.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Ujung Sampun (Japet Barus) mengatakan, masyarakat pada umumnya mendukung kegiatan yang dibuat Kades Ujung Sampun ini karena pembagunannya demi kepentingan masyarakat banyak.

“Secara pribadi saya sangat mendukung pembangunan tower tangki suplay air dan kantor ini.  Karena lahan bangunan yang lama yang sudah terlantar dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ujar Barus.