Seminar Hari Jadi Kabupaten Karo (Bagian 1)

0
5

Sebulan lalu, tepatnya 24 – 25 Agustus 2017, diadakan seminar untuk menetapkan Hari Jadi Kabupaten Karo. Seminar yang berlangsung di Hotel Sibayak erastagi ini adalah kerjasama Pemkab Karo dengan Progam S2 dan S1 Jurusan Sejarah di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan. Berikut ini adalah laporan, lebih tepatnya hasil rangkuman, dari Nancy Meinintha Brahmana atas diskusi mengenai penetapan Hari Jadi Kabupaten Karo.

Perjalanan Kabupaten Karo untuk menetapkan Hari Jadi Kabupaten Karo bagaikan perjalanan panjang yang membutuhkan proses yang sangat matang untuk dapat sampai pada tujuan. Hal ini disebabkan pada masyarakat Karo sejak dahulu telah mengenal kerajaan-kerajaan dan dilanjutkan dengan kekuasaan Sebayak yang diangkat oleh Belanda.

Pada seminar yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Karo bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Sejarah, pada tanggal 24-25 Agustus 2017, menghadirkan nara sumber antara lain Prof. Usman Pelly PhD., Dr. Suprayitno, Drs. Wara Sinuhaji MHum., Drs. Rahmat Purba, MHum dan keturunan para Sebayak.
 

Mereka memberi paparan ataupun makalah yang mengingatkan kembali kepada perjalanan sejarah.

BERSAMBUNG