Fotografi Karo: MENCABUT SEMAI PADI DI TANJUNG MERAWA

0
8

LORETA KARO SEKALI. MEDAN. Foto ini menunjukkan sekelompok perempuan sedang mencabut bibit padi dari tempat persemaiannnya untuk ditanam di sawah.

Foto model SORA SIRULO (Sisca Veronica beru Tarigan) ikut mencabut bibit padi (berbaju warna pink). Lokasi peristiwa adalah sebuah tempat persemaian di areal persawahan Desa Salam Tani (Kecamatan Tanjung Merawa, Kabupaten Deliserdang). Daerah ini kebanyakan penduduknya adalah Suku Karo.

Berikut ini adalah kesannya mengenai kegiatan mencabut bibit padi dari semainya itu.







Penduduk desa salam tani pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani, terutama bertani sawah. Sangat luas sawah di daerah ini. Begitu juga dengan tanah darat (ladang)..

Warga di sini tidak pernah membeli beras untuk konsumsi sendiri karena semua mereka memiliki sawah masing-masing.

Menabur benih padi di tempat persemaian.

Kurang lebih 3 minggu setelah bibit disemaikan, waktunya mencabut bibit untuk ditanam di sawah. Kali ini lumayan sulit mencabutnya, lengket dan banyak tanahnya karena musim hujan. Jika musim hujan tiba, bibit yang disemai pun dilebihkan karena takut terjadi banjir.

Jika banjir terjadi maka padi yang baru siap ditanam akan dimakan oleh keong dan setelah itu bibit yang masih tinggal di darat dicabut kembali untuk ditanam di lahan yang padinya sudah rusak dimakan keong.

Setelah dicabut, maka bibit padi siap untuk disebarluaskan ke berbagai tempat. Agar yang menanam padi esok hari sudah siap sedia di lokasi untuk menanam.

Hal yang paling menarik di desa ini adalah saling bekerjasama atau gotong royong, namanya disebut aron dalam Bahasa Karo. Bukan uang sebagai ganti upahnya, tapi jasa.

Begitulah kira-kira situasi di Desa Salam Tani (Kecamatan Tanjung Merawa, Kabupaten Deliserdang) yang mayoritas penduduknya adalah Suku Karo. Jarak tempu dari Medan dengan kenderaan bermotor sekitar 30 menit saja dan ke bibir Pantai Timur Sumatera sekitar 40 Kilometer saja.

Ketika padi siap panen, Sisca Veronica beru Tarigan pun memanen padi dengan ertudung ku jema.

Link Soundcloud di bawah adalah lagu Dewi Padi Karo (Beru Dayang) yang diciptakan dan dinyanyikan sendiri oleh Juara R. Ginting dengan iringan musik alm. Djasa Tarigan.