Fotografi Karo: PERSEMAIAN DI TANJUNG MERAWA

0
6

SISKA V. TARIGAN. TANJUNG MERAWA. Desa Salam Tani (Kecamatan Tanjung Merawa, Kabupaten Deliserdang) saat menjelang musim tanam padi sawah. Foto-foto diambil pada bulan Oktober 2017 lalu. Itu adalah cara pembibitan dengan menyemaikan gabah padi di lahan kering yang di kasus ini adalah sebuah kebun pisang.

Bibit padi hasil penyemaian nantinya dicabut dari tempat penyemaian dan kemudian ditanam kembali di sawah.







Di dalam foto terlihat kegiatan penyemaian di sebuah kebun pisan warga setempat. Setelah gabah padi di dalam karung direndam di dalam air selama selama 2 hari berturut-tur, maka bibit gabah padi pun sudah akan memiliki tunas, menandakan sudah siap untuk ditabur di tempat persemaian.

Tempat persemaian telah dipersiapkan sebelumnya dengan terlebih dahulu membersihkan dan emratakan permukaan tanah. Setelah itu gabah padi yang telah bertunas ditabur secukupnya dan, lalu, ditutupi dengan tanah tipis-tipis. Di atas tanah yang menutupi kemudian ditutupi pula dengan karung dan daun pisang atau daun-dauanan lain agar bibitnya tidak kering diterpa panas matahari serta tidak habis dimakan burung.

Setiap hari maksimal harus disiram agar bibitnya cepat tumbuh dan tidak layu. Berselang selama 3 minggu, bibit padi sudah mulai tinggi dan siap untuk dicabut dari tempat persemaian dan kemudian ditanam kembali tapi di sawah.